Jumat, 12 Oktober 2012

Stok Hewan di Jateng Menjelang Idul Adha Melimpah, Harga Dipastikan Naik

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
 
Semarang Menjelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 26 Oktober mendatang, stok hewan di Jateng melimpah. Kenaikan harga diperkirakan masih akan terjadi, tapi dalam batas wajar.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, Whitono mengatakan untuk persediaan jumlah hewan kurban di Jateng sudah berlebih. Dari data yang ada, populasi hewan kurban di Jateng untuk sapi sebanyak 2,1 juta ekor, domba 2,3 juta ekor dan kambing 3,8 juta ekor. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan pada hari raya Idul Adha tahun 2012.

"Untuk Idul Adha, kita sudah siap. Ketersediaannya cukup," kata Whitono di gedung DPRD Jateng, Kamis (11/11/2012).

Meski populasinya melimpah, kenaikan harga hewan kurban menjelang Idul Adha tetap akan terjadi. Meski demikian kenaikan harga tersebut masih akan berada dalam batas wajar.

"Harga saat ini naik tapi masih wajar karena untuk meningkatkan kesejahteraan," tandas Whitono.

Kesiapan menyambut Idul Adha juga dilakukan Dinas Peternakan Jateng dengan melakukan pengawasan, pembinaan dan penyuluhan kepada petugas yang menangani hewan kurban.

"Isinya adalah bagaimana penanganan hewan kurban yang baik," ujar Whitono.

Sebelum daging kurban diedarkan, lanjut Whitono, setelah dipotong, daging tersebut harus diperiksa dahulu. Sebelum dipotong pun hewan harus diperiksa dan jauh hari sudah diberi vaksin. Sementara itu untuk ternak yang biasanya mengkonsumsi sampah, diharapkan agar sebulan sebelum dikonsumsi, hewan harus diberi makan yang benar dan diberi vaksin.

"Kalau sampah organik tidak apa tapi kalau campuran residu logam kan tidak baik," jelasnya.

Adapun ciri-ciri hewan kurban yang baik adalah suhu tubuh normal, mata tidak merah, dan bulu-bulunya halus. "Jangan ternak yang kena penyakit dan anggota tubuhnya lengkap," tutup Whitono.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar